Sabtu, 07 Maret 2009

Viral Marketing

Viral Marketing banyak diartikan sebagai Multi Level Marketing bagi masyarakat Indonesia. Namun ternyata banyak perbedaannya. Sebenarnya Sudah sejak dahulu masyarakat mengenal sistem penjualan melalui promosi viral.

Pengalaman sederhana yang pernah saya alami ketika dibesarkan oleh eyang di bawah gunung merapi. Kala itu Eyang baru memulai usaha baru yaitu membuat tempe yang dibungkus dengan daun pisang dan menjualnya sendiri di pasar. Kebetulan hari minggu, jadi saya membantu berjualan tempe. Saat itu hari ketiga eyang berjualan dan tempenya selalu habis. Setiap hari, eyang mendapat kenaikan laba yang signifikan sehingga menambah volume produksi tempe, bukan hanya enak rasanya tapi ada trik penjualan yang dilakukan beliau. Harga tempe relatif sama dengan yang lain yaitu 5 rupiah per bungkus. Namun setiap ada pembeli yang beli tempe lebih dari 200 rupiah pasti di beri gratis satu bungkus tempe, jadi pembeli mendapat keuntungan 5 rupiah yaitu tempe 1 bungkus. Apa keuntungan Eyang saya? Ternyata sejak dari hari itu dagangan eyang selalu laris manis bahkan sebelum dagangan digelarpun sudah pada rebutan. Mengapa bisa laris? Pembeli tempe yang merasa puas tidak hanya rasa enaknya tempe namun karena pelayanan yang lebih sehingga menyebarkan informasi dan merekomendasikan tempe buatan eyang saya dari mulut ke mulut tetangga pada saat arisan, ketemu di jalan, tanam padi dan sebagainya.

Itulah satu contoh kegiatan penjualan yang merupakan ciri khusus dari VIRAL MARKETING.
Menurut Mr. Karl Craig-West; Seorang Pembicara bisnis dan author dari Inggris, Viral marketing adalah kegiatan berdagang atau usaha yang bekerja secara manual melalui orang-orang dekat secara verbal tentang apa yang menjadi usaha anda. Beberapa pakar menyebutnya Sales mulut ke mulut (gethok tular "jawa" Red"). Sistem ini sangat manjur dan hasilnya luar biasa dibandingkan dengan sistem marketing yang lain, karena konsumen dan calon konsumen saling mengenal satu sama lain. Selain itu sistem ini jarang sekali memerlukan biaya untuk semakin berkembang.

Karena sistem penyampaian informasi adalah dari mulut ke mulut, sehingga penjual nyaris tidak mengeluarkan biaya untuk berpromosi, iklan, pasang baliho dan sebagainya. Sehingga disebut NEAR ZERO MARKETING BUDGET.

Intinya adalah Viral marketing and viral advertising menggunakan teknik yang telah ada di lingkungan sosial masyarakat yang telah ada sejak dulu untuk mengembangkan jaringan (network) dalam rangka menaikkan suatu merek produk tertentu sehingga dikenal di masyarakat (Brand Awareness), selain itu dengan sendirinya melakukan replikasi seperti virus yang menyebar dengan cepat. Bila dulu sistem ini dikenal sebagai word of mouth, saat ini mulai berkembang melalui jaringan internet. Promosi secara viral bisa melalui video klip, game, iklan banner, ebook, website, facebook, tagged, Hi-5 dan sebagainya. Dalam kondisi tertentu dapat menciptakan ekspresi yang spontan dan antusias karena kepuasan yang diperoleh dari pelayanan.

Tujuan yang ingin dicapai dari sistem ini adalah untuk menciptakan identitas individu dengan tingkat jaringan sosial yang potensial dan saling membantu satu sama lain untuk mencapai kesuksesan secara bersama-sama dengan produsen atau pengusaha dan menciptakan segmen pasar global dengan populasi yang besar karena barang atau jasa yang dijual atau ditawarkan adalah kebutuhan pokok masyarakat. Sistem ini dapat bertahan lama karena barang dan jasa dapat mencapai semua tingkatan strata masyarakat, dari tingkat sosial urban hingga tingkat eksekutif.

Apakah anda pernah merekomendasikan produk tertentu yang membuat anda merasa puas? Apakah anda pernah merekomendasikan warung atau toko yang menjual sesuatu, yang anda inginkan dengan harga murah, pelayanan memuaskan dan kualitas produk yang lebih baik?
Pernahkan anda mendapat reward, bonus, hadiah atau semacamnya dari pemilik toko tersebut atau pembuat produk pada saat atau setelah anda mempromosikannya dengan menggebu-gebu dan antusias kepada teman, saudara atau tetangga anda?

Itulah yang digunakan DYNASIS dalam membantu melayani masyarakat dengan memberi reward yang pantas anda dapatkan setelah merekomendasikan kepada teman, saudara, tetangga dan orang lain.


Selamat bergabung di Dynasis Viral Nertworking

Tidak ada komentar:

Posting Komentar